Catatan Yang Mungkin Terlupakan

Centos to Elastix Repo Internal

Hari ini pagi-pagi sudah di bikin sibuk dengan pekerjaan. ada sebuah project baru yang diharapkan mampu menggunakan teknologi voip. project ini dipergunakan untuk Call Center sebuah perusahaan. Untuk sebuah Call Center dengan hanya 3-4 Desk Petugas. Biasanya aku menggunakan server yang terpisah antara database dan voip server nya. itupun aku hanya menggunakan komputer setara Dual Core Processor dan 2 Ghz Ram serta 80 Gb Hardisk. sedangkan unt Namun Untuk kali aku akan menggabungkan keduanya yaitu sebagai server database centos juga dipergunakan sebagai server VoIP. Untuk kali ini aku menggunakan DVD centos versi 5.2 karena aku membutuhkan gui untuk maintenance jadi aku install centosnya full desktop, disamping itu dengan menggunakan komputer yang aku gunakan sepertinya komputer yang dipergunakan sudah mencukupi.

Seperti biasa aku melakukan instalasi Centos dahulu sebelum melakukan instalasi asterisk. dan seperti biasa juga aku menggunakan elastix sebagai gui helpernya asterisk. Setelah centos selesai terinstall kini tinggal melakukan instalasi asterisk / Elastix.

Pada saat mulai instalasi DVD elastix  bisa jalan seperti biasa. aku sudah bisa melakukan instalasi dari terminal atau dari explorer gnome. jadi aku tinggal klik atau tinggal ketik rpm -ivh. Tapi biasanya  klo istall manual maka kemungkinan gagal akan banyak karena harus diinstall pula depencynya.

Akhirnya aku mencoba untuk menggunakan package manager di linux. coba setting media nya dari disk. Tapi gagal,  package manager tidak mau membaca media DVD. Tanya sana sini belum menemukan jawaban. Akhirnya aku tanya ke google dikasih liat isi file repo DVD.

=========================

[dvd-fedora]
 name=Fedora 9 – i386 – DVD Repository
 baseurl=file:///media/CDROM/
 enabled=1
 gpgcheck=1

====================

dari sini baru terbaca kalau package manager membaca folder  ”/media/CDROM/”. Padahal ketika di cek di menu media ada tambahan folder /media/CDROM/Elastix. Akhirnya aku mencoba menambahkan baris terakhir yaitu Elastix.

Akhirnya dengan menggunakan package manager aku bisa install Elastix pada mesin centos yang sudah ada. Lumayan lah jadi semua bisa dilakukan bersamaan, dan depencynya juga tidak ketinggal.

Oh iya, jangan lupa merubah gpgcheck=1 menjadi gpgcheck=0. kejadian beberapa kali file nya sedikit berbeda jadi aplikasi tidak bisa terinsall. Namun setelah dirubah ke 0, Aplikasi baru terinstall

Source : http://fxekobudi.net/linux/repository-linux-fedora-9/

Leave a Reply